Sabtu, 21 Januari 2012




 

 
The Triangle Lakes Tourism
Gambar 2. Peta ekowisata
Triangle Lakes Tourism
Sumber:
(Re drawing).
 
    Triangle Lakes
 
Tourism
merupakan bentuk inovasi dari upaya pembangunan Sport tourism 3 Danau di Kabupaten Lumajang. Dengan potensi 3objek wisata, Danau Bedali, Danau Klakah dan Danau Pakis.Danau KlakahObyek wisata danau ini terletak di sebelah Utara kota Lumajang tepatnyadi Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak tempuh 20 Km dari kotaLumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutanumum baik roda dua maupun roda empat disamping ada dokar sebagai saranaangkutan tradisional masyarakat setempat. obyek ini berada pada ketinggian 900meter dpl, dengan luas 22 hektar dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangigunung Lamongan dengan ketinggian 1.668 m dpl, serta didukung oleh udarayang sejuk dan segar (Gambar 3).Obyek ini berada pada ketinggian 900 meter dpl, dengan luas 22 hektardan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian1.668 m dpl, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar.Beraneka ragamnya 
 
buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya menjadi dayatarik lain bagi obyek wisata ini (Dinas Pariwisata dan Seni Budaya KabupatenLumajang)Panorama yang khas berupa fatamorgana kebiruan air dari obyek wisataini merupakan alternatif pilihan tujuan wisata di Jawa Timur bila mengunjungiBali melewati Kabupaten Jember. Disamping menikmati panoramanya, aktivitasyang dapat dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga antara lain, jogingmengelilingi area danau dengan fasilitas jalan beraspal, berperahu, menikmatisarana permainan anak, dan memancing, dibangun juga penginapan dan Pusatkerajinan/ souvenir.
 
Danau PakisSekitar 10 menit dengan berkendaraan roda dua ataupun roda empatsampailah kita ke Danau Pakis, bila kunjungan wisata kita diawali dari DanauKlakah. Obyek wisata danau ini terletak di Desa Danau Pakis dengan jarak 20,5Km disebelah Utara kota Lumajang, mempunyai ketinggian 600 Meter daripermukaan laut dengan luas danau 50 Ha dan kedalaman 26 m. Danau ini dilatarbelakangi Gunung Lamongan yang tampak lebih dekat, kondisi alam di daerahsekitar danau pakis yang masih alami akan menjadi daya tarik bagi pecintalingkungan atau wisatawan yang membutuhkan udara segar (Gambar 4). (DinasPariwisata dan Seni Budaya Kabupaten Lumajang)Selain sebagai sarana rekreasi tempat ini juga menyediakan tempatpemancingan ikan dan warung-warung sederhana yang menyediakan menu ikanGambar 3. Danau KlakahSumber:
 
Widiyati, 2009
















segar. Pada daerah Danau Pakis ini juga tersedia wisata edukasi berupa budidayaikan pada perairan Danau Pakis dengan sistem keramba.

Danau BedaliSebagai rangkaian kawasan Segitiga Danau, dengan jarak 7 Km dariDanau Pakis atau 6 Km dari Danau Klakah kita sampai pada Danau BedaliKecamatan Danauyoso. Obyek wisata ini mempunyai ketinggian 700 M daripermukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m. (Dinas Pariwisatadan Seni Budaya Kabupaten Lumajang). Berbeda dari dua danau sebelumnya,yang menarik dari danau ini adalah letak permukaan air berada jauh di bawahpermukaan tanah. Sehingga untuk mencapai daratan tepi danau dibutuhkankesehatan prima yang merupakan tantangan bagi pecinta alam. Meskipundemikian panorama danau ini cukup indah dilihat dari atas (Gambar 5).Gambar 4. Danau PakisSumber:
Gambar 5. Danau BedaliSumber: Agung, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar